• Dokter saya ingin bertanya..ayah saya usia 60 tahun sering mengeluh sakit pada area paha sebelah kiri. Sudah hampir 8 bulan ini, sudah bermacam klinik pengobatan tempat  berobat tetapi bermacam vonis.. ada yang bilang asam urat tidak di perbolehkan memakan sayuran hijau.. sudah di coba tetapi ayah saya masih merasakan sakit. dipijat terasa ringan, tetapi beberapa hari kambuh lagi. tolong dok solusi nya

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pada daerah paha bisa disebabkan karena beberapa macam hal tergantung dari lokasi pahanya apakah di sendi atau bukan, gejala penyertanya, lama keluhan, dan lain sebagainya. Penyebab nyeri bisa terjadi di otot hingga ke tulang. Oleh karena itu memang harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Beberapa kemungkinan penyebab nyeri di area paha antara lain sebagai berikut:

    1. Kram otot
    2. Arthritis gout. Merupakan radang sendi akibat penumpukan kadar asam urat di persendian sehingga menimbulkan rasa nyeri. Namun harus dilakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah untuk memastikan kemungkinan terjadinya penyakit ini.
    3. Rhematoid arthritis. Merupakan penyakit peradangan yang terjadi karena faktor imunologi. Ada beberapa gejala lainnya yang menyertai keluhan ini serta perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium hingga radiologi untuk memastikan diagnosis penyakit ini.
    4. Merupakan penyakit degenerative yang menyebabkan peradangan pada sendi. Umumnya terjadi pada orang tua.
    5. Dan penyakit lainnya.

    Karena banyaknya kemungkinan penyebab keluhan ayah anda, maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter. Namun jika memang penyebabnya karena asam urat dan menimbulkan keluhan nyeri yang sangat mengganggu maka perlu terapi obat – obatan, tidak cukup hanya dengan pembatasan asupan makanan saja.

    Sekian jawaban dari saya , semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Sakit pada Paha, Asam Urat atau Apa??

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.