• pacar saya muntah darah berwarna merah ke hitaman. awal mula nya dia pusing mual dan kadang sampai pingsan do.. itu penyebab nya apa ya dok? dan itu penyakit apa? itu aja dok terima kasih. mohon info nya

    Selamat malam, Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com

    Muntah darah berwarna hitam merupakan suatu kondisi yang sering disebabkan oleh adanya luka atau tukak pada lambung. terlebih pasien sering mengalami mual mual atau sakit perut seperti gejala umumnya orang sakit maag.

    Tukak lambung adalah adanya perlukaan pada lambung yang dalam sehingga membuat pembuluh darah didalamnya menjadi pecah. darah yang keluar tentu akan kontak langsung dengan asam lambung, Pada kejadian ini, maka darah yang tadinya berwarna merah akan berubah menjadi kehitaman.

    Berdasarkan pemahaman ini, maka muntah darah berwarna hitam tidak hanya disebabkan oleh tukak lambung saja melainkan bisa juga disebabkan oleh kondisi-kondisi lain seperti adanya luka pada esofagus (kerongkongan) sehingga darah itu turun terlebih dahulu ke lambung dan berkontak dengan asam lambung. Pada saat dimuntahkan Maka hasilnya akan sama yaitu darah warna hitam.

    Kondisi seperti ini tidak boleh diabaikan begitu saja, saran kami segera periksakan pasien ke dokter agar dapat dilakukan evaluasi segera mengenai penyebab dari kejadian muntah darah tersebut.

    Cukup Sekian yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

     

Beranda Tanya Dokter Tentang Muntah Darah Kehitaman

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.