• assalumalaikum. dok kenapa ya bawah perut saya tetiba sakit, juga saya jadi meriang buat buang air kecil sakit apalagi buat berjalan ..tolong jwbn nya ya dok

    Selamat pagi, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com.

    Sakit perut bagian bawah yang disertai dengan rasa sakit saat buang air kecil, besar kemungkinan bahwa proses yang terjadi adalah infeksi kandung kemih, atau masalah lain pada kandung kemih misalnya batu saluran kencing.

    Infeksi Kandung Kemih

    Terjadi akibat adanya bakteri yang berasal dari luar masuk ke dalam tumbuh di dalam kandung kemih dan berkembang biak di sana, ciri khas infeksi kandung kemih antara lain rasa panas atau nyeri pada perut bagian bawah, rasa terbakar atau sakit saat buang air kecil, sebentar sebentar ingin buang air kecil, dan badan terasa demam.

    Kondisi ini harus segera diobati, karena jika tidak infeksi bisa menyebar ke ginjal dan ini bisa berbahaya.

    Batu Kandung Kemih

    Terjadi akibat penumpukan kristal-kristal sisa metabolisme yang mengendap pada kandung kemih. gejalanya memang mirip dengan infeksi kandung kemih yaitu rasa sakit pada perut bagian bawah yang disertai dengan rasa sakit saat berkemih, bisa juga disertai dengan urine yang berwarna merah muda atau kemerahan.

    Infeksi dan batu kandung kemih bisa terjadi bersamaan.

    Untuk menentukan penyebab pastinya dan juga penanganan yang terbaik, maka sebaiknya anda segera periksakan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga mungkin pemeriksaan lanjutan berupa Uji laboratorium terhadap air seni.

    Apabila infeksi kandung kemih yang terjadi maka anda akan diberikan antibiotik berita obat lain yang berupa pereda nyeri. pastikan untuk menghabiskan setiap antibiotik yang diberikan oleh dokter.

    Banyak-banyaklah minum air putih.

    Demikianlah jawaban dari kami Semoga bisa membantu dan lekas sembuh ya..

Beranda Tanya Dokter Perut Bawah Sakit, Buang Air Kecil Sakit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.