• Jadi gini dok, saya mau tanya soal sakit kepala dibagian belakang yg mencengkram. Awalnya sakit kepala saya ini cuman biasa aja lalu menjalar kebagian mata sampai mata saya berkunang” gitu, trus sampai menjalar juga kebagian belakang leher terus terasa berat banget dan terasa sakit banget dok. Nah kadang” sakit kepala saya ini sering kambuh selama 2-3harian, jadi kalau sakit kepala saya kambuh selalu saya kasih obat pereda nyeri saja dan skrg saya seperti ketergantungan obat buat pereda nyeri sakit sepala saya ini dok.

    Apa sakit kepala saya ini berbahaya atau saya memang punya riwayat penyakit yg belum saya ketahui dok? Terima kasih

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sakit kepala banyak sekali jenisnya, tergantung dari rasa nyeri yang muncul misalnya sakit kepala sebelah (migrain), sakit kepala yang terasa seperti tertekan di bagian leher belakang dan pundak (tension headache) dan lain sebagainya. Sakit kepala secara umum banyak sekali penyebabnya. Untuk mengetahui penyebab keluhan ini berbahaya atau tidak perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan mulai dari pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan.

    Secara umum ada beberapa penyebab keluhan sakit kepala yaitu antara lain sebagai berikut:

    1.       Faktor psikosomatis menjadi salah satu pencetus keluhan sakit kepala. Stress berat adalah salah satu contoh terseringnya. Stress bisa dipicu masalah pekerjaan, pendidikan dan lain sebagainya.

    2.       Infeksi juga menjadi salah satu penyebab keluhan sakit kepala. Infeksi bisa terjadi karena beraneka ragam mikroorganisme. Lokasi terjadinya pun berbeda mulai dari ujung kepala hingga kaki bisa saja menjadi penyebab keluhan sakit kepala.

    3.       Tumor atau adanya massa di kepala bisa menjadi penyebab keluhan sakit kepala. Tumor bisa bersifat jinak atau pun ganas.

    4.       Penyakit gangguan pembuluh darah misalnya tekanan darah tinggi ataupun rendah

    5.       Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab membuat pentingnya pemeriksaan secara langsung guna memastikan penyebab keluhan anda. Silakan konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala di Bagian Belakang yang Mencengkram

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.