• Siang dok. Saya berusia 18tahun. Dulu saya mendapat menstruasi di usia 11 tahun. Apakah yang mendapat menstruasi dibawah 12tahun akan mengalami kista ovarium selamanya/kistanya tidak bisa di hilangkan? Mohon penjelasannya ya dok. Terima kasih.

    Selamat sore

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jika mendengar kata kista ovarium banyak wanita yang langsung khawatir berlebihan. Sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir karena pada umumnya kista ovarium tidaklah berbahaya namun penyakit ini bisa berkembang menjadi ganas jika tidak ditangani dengan baik dan benar. Kebanyakan kista ovarium tidak menyebabkan gejala dan bisa hilang dengan sendirinya. Jika menimbulkan gejala, maka biasanya yang akan muncul berupa: menst yang tidak teratur, keluhan nyeri di tulang panggul, sering buang air kecil, gangguan pencernaan misalnya mual, kembung, dan sulit buang air besar. Namun gejala – gejala ini tidak khas sehingga perlu dilakukan pemeriksaan penunjang misalnya USG untuk membantu memastikannya.

     

    Berdasarkan penjelasan di atas jelas bahwa kista ovarium dapat hilang dengan sendirinya sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir. Selain itu jika kista tidak bisa hilang dengan sendirinya juga bisa dilakukan tindakan pembedahan untuk mengangkat kista. Oleh karena itu ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter untuk memastikan bagaimana kondisi anda saat ini dan terapi apa yang paling tepat diberikan sesuai dengan kondisi anda. Silakan anda kunjungi dokter spesialis obstetri dan ginekologi di daerah anda untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Berikut link terkait keluhan anda:

    Kista Ovarium

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Awal Menstruasi Usia 11 Tahun Berisiko Kista?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.