• Saya seorang mahasiswi usia 20 tahun, saat ini saya sedang mengalami sakit ayang-ayangan sudah 10 hari dan saya sudah berobat ke dokter umum tapi tidak ada perubahan. Hasil tes urine saya juga normal. Ayang-ayangan yang saya sedang alami tidak terasa sakit sama sekali, perut bagian kanan dan kiri juga tidak sakit hanya saja rasa ingin buang air kecil terus menerus dan voleme air seni yang dikeluarkan sedikit. Apakah saya harus ke dokter urologi? dan prosedur apa yang dilakukan jika saya memeriksakannya ke dokter urolgi? Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan anyang – anyangan atau sering kencing sedikit – sedikit sering ditanyakan dalam forum konsultasi ini. Penyebabnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab tersering keluhan ini yaitu antara lain:

    • Kedinginan
    • Banyak minum
    • Infeksi saluran kemih. Keluhan nyeri buang air kemih disertai keluhan kencing berulang  sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Keluhan yang muncul akibat infeksi saluran kemih antara lain nyeri di suprapubik( nyeri di perut bagian atas kemaluan), anyang – anyangan atau rasa tidak puas sehabis kencing, bolak balik kencing, air kemih kadang berubah warna menjadi kekeruhan atau malah berwarna merah (BAK bercampur darah), keluhan demam, dan masih banyak lagi keluhan lain yang mungkin menyertai. Perlu dilakukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan urine untuk memastikan ada tidaknya kuman dalam urine.
    • Batu saluran kemih bisa menyebabkan keluhan nyeri suprapubik, anyang – anyangan disertai keluhan nyeri saat kencing, keluhan kencing berulang dan lain sebagainya. Perlu pemeriksaan penunjang misal dengan rontgen ataupun USG untuk memastikan ada tidaknya batu saluran kemih.

    Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan anda. Penentuan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan tergantung hasil dari pemeriksaan fisik nanti. Anda bisa mengunjungi dokter umum atau juga dokter spesialis urologi.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Ayangan-ayangan yang Tidak Kunjung Sembuh

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.