• Dok, mohon penjelasan nya. Bayi saya berumur 5 bulan sudah hampir 2 minggu bab nya warna hijau berair dan berlendir,sehari bisa bab sampai 8 kali,bayi saya masih asi ekslusif,sudah saya bawa kebidan dan obat bidan sudah habis tapi tidak ada perubahan. Tp bayi saya tidak rewel dan tidak demam,dy masih ceria seperti biasa. Bagaimana solusi nya dok,makasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar sering sekali dialami oleh bayi baik karena frekuensi nya berlebih, konsistensi tinja berubah, perubahan warna tinja dan lain sebagainya. Perubahan warna tinja pada bayi anda berupa tinja berwarna hijau berair, berlendir, bisa disebabkan karena beberapa hal antara lain yaitu:

    1. Infeksi saluran cerna yang dialami bayi juga bisa menyebabkan keluhan tinja berwarna hijau dengan frekuensi yang meningkat. Selain diare, keluhan lain yang dialami berupa demam, bayi kadang rewel dan lain sebagainya. Infeksi bisa disebabkan bakteri ataupun mikrorganisme lainnya
    2. Konsumsi dalam jumlah banyak makanan yang berwarna hijau oleh ibu menyusui bisa menyebabkan feses bayi menjadi hijau. Umumnya warna hijau relatif lebih terang.
    3. Bayi dengan hiperbilirubinemia atau memiliki penyakit kuning bisa membuat tinja bayi berwarna hijau gelap.
    4. Bayi sensitif terhadap makanan yang ibu makan. Umumnya disertai keluhan lain berupa ruam pada kulit dan lain sebagainya..
    5. Terlalu banyak konsumsi asi yang keluar di awal (foremilk). ASI foremilk mengandung banyak sekali laktosa dibanding ASI yang berada di akhir (hindmilk) yang banyak mengandung lemak. Konsumsi terlalu banyak foremilk sering menyebabkan feses menjadi hijau. Oleh karena itu disarankan ibu menyusui dengan salah satu payudara hingga habis baru pindah ke payudara lainnya di periode menyusui berikutnya.
    6. Penyebab lainnya

    Silakan memeriksakan anak anda ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan. Pengobatan yang diberikan harus disesuaikan dengan penyebab apalagi ini untuk diberikan pada bayi di bawah 6 bulan.

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.
     

     

    Makasih banyak dok atas penjelasan nya..

    Dok mohon penjelasan nya lagi,bekas pipis bayi pada celana nya jadi warna hitam,itu kenapa ya dok,apa pengaruh obat yg dari bidan atau gimana dok,sama seperti setelah imunisasi jg biasanya pipis nya juga jadi hitam ada celana yg kena pipis nya. Makasih dok..

Beranda Tanya Dokter Bab Bayi Warna Hijau Berlendir

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.