• Mau tanya dok, bapak saya semalam bab nya berdarah sampe 3 x ,banyak jg darah yang keluar nya, sehingga lemes dan kegelapan jg, sudah saya bawa ke klinik dan sudah di minumin obat juga, usianya 70 tahun, mau tanya itu kenapa ya dok gejala nya? Tksh

     

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Buang air besar berdarah tentu menimbulkan kekhawatiran bagi siapa pun individu yang mengalaminya. Untuk kasus ayah anda sebenarnya kemungkinan buang air besar sangat banyak sekali. Perlu informasi mengenai keluhan penyerta yang dirasakan, serta bagaimana konsistensi buang air besar yang terjadi, warna BAB berdarah apakah merah segar ataukah merah kegelapan serta informasi lain yang dibutuhkan.

    Buang air besar berdarah bisa disebabkan banyak hal antara lain:

    1. Pasien hemorrhoid atau ambeien bisa mengeluarkan Buang air besar berdarah berwarna merah segar. Keluhan ini bisa juga disertai nyeri, keluar benjolan dari anus dan lain sebagainya.
    2. Sirosis hepatis, merupakan penyakit fibrosis hati yang diakibatkan salah satunya akibat penyakit hepatitis B dan C yang tak diobati dengan adekuat ataupun bisa juga karena konsumsi alkohol jangka panjang dan lain sebagainya. Keluhan yang muncul antara lain perut membesar (asites), muntah darah, Bab berdarah dan lain sebagainya
    3. Gastritis erosif juga bisa menyebabkan keluhan buang air besar berdarah dan muntah darah. BAB berdarah umumnya berwarna kehitaman karena darah yang bercampur dengan asam lambung.
    4. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat seorang pasien harus dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung oleh dokter sehingga dapat ditegakkan diagnosis pastinya. Silakan anda membawa ayah anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah pada Lansia

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.