• siang dok, mau tanya waktu hari rabu saya bab berdarah segar awalnya saya kira itu darah haid karena pd waktu itu saya baru beres haid, tapi setelah saya lihat ternyata bukan darah haid karena darah itu keluar bersamaan dengan pup nya. tapi saya tidak merasa sakit, mual atau pusing. saya ngobrol dengan suami katanya mungkin karena kemarin makan buah manggis terlalu banyak, padahal saya cuma makan 3 saja. selang 2 hari saya bab lagi & ternyata masih berdarah, sama seperti waktu hari rabu kemarin. itu kenapa ya dok? & apa yg harus saya lakukan?

    Terima kasih.

    Ulfah

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Adanya darah yang keluar bersama feses tentu bukan hal yang normal. Darah yang keluar bersama feses ada yang berwarna merah segar dan ada yang berwarna merah kehitaman. Warna merah segar pada darah yang keluar bersama feses menunjukkan perdarahan di saluran cerna bagian bawah, sedangkan darah yang berwarna kehitaman menunjukkan sumber perdarahan berasal dari saluran cerna bagian atas. Keluhan buang air besar disertai darah bisa dialami oleh beberapa individu karena satu dan lain hal. Keluhan ini tentu menimbulkan kekhawatiran bagi yang mengalaminya.

    Berikut akan dijelaskan beberapa penyebab tersering keluhan buang air besar (BAB) berdarah yaitu antara lain:

    1. Hemorrhoid atau ambeien adalah salah satu penyebab tersering keluhan ini. BAB berdarah bisa disertai rasa nyeri ataupun tak ada nyeri sama sekali. Pada tahap awal, keluhan yang muncul hanya berupa buang air besar berdarah saja namun semakin lama akan disertai keluhan keluarnya benjolan dari lubang anus. Faktor pencetus keluhan ini adalah karena kebiasaan mengedan terlalu kuat saat BAB, feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.
    2. Buang air besar berdarah juga bisa disebabkan karena adanya gangguan di gaster (lambung) seperti gastritis erosif. Buang air besar disertai darah yang berwarna hitam. Hal ini karena darah telah bercampur dengan asam lambung sehingga warna darah yang merah berubah menjadi hitam akibat reaksi dengan asam lambung.
    3. Infeksi saluran cerna, misal karena disentri.
    4. Penyebab lain

    Perlu pemeriksaan fisik secara langsung dan ataupun pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan guna menegakkan diagnosis pasti penyebab keluhan anda. Oleh karena itu silakan periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Makanan Bisa Membuat BAB Berdarah?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.