• Selamat malam dok..
    Sekitar 6 hari lalu saya bab berdarah karna makanan pedas. Saya sudah 2 kali memeriksakan ke dokter tapi belum sembuh..
    Sat ini saya juga menderita ambeien. Yang saya ingin tau apa mungkin bab yang saya derita itu dari ambeien yang saya juga derita atau mungkin ada kemungkinan dari penyakit yang lain..
    Terimakasih..

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Buang air besar (BAB) berdarah sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal namun pada kasus anda kemungkinan paling besar adalah karena ambeien atau wasir. Ambeien dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai hemorrhoid yang merupakan pelebaran pembuluh darah rektum dan anus. Hemorhoid memiliki gejala berupa buang air besar (BAB) berdarah berwarna merah baik dengan nyeri atau tanpa nyeri. Jika penyakit ini berlanjut maka akan muncul keluhan adanya benjolan yang keluar dari dalam anus. Benjolan awalnya bisa keluar masuk secara spontan tanpa bantuan, namun lama kelamaan benjolan harus dibantu dimasukkan dengan tangan dan pada tahap akhir benjolan tidak masuk sama sekali meskipun telah dibantu.

    Penyebab hemorhoid ada beberapa, yang paling sering adalah karena kebiasaan mengejan terlalu kuat, usia tua, tinja atau feses yang terlalu keras,  hingga kehamilan menjadi salah satu faktor resiko tersering meskipun masih banyak lagi penyebab dan faktor resikonya. Penyakit ini bisa dicegah agar tak berulang dengan menjaga pola hidup sehari – hari misal dengan banyak konsumsi sayur dan buah serta perbanyak asupan air putih, hindari kebiasaan menahan BAB dan mengejan terlalu kuat saat BAB, hingga meningkatkan aktivitas fisik atau olahraga teratur.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah Setelah Makan Pedas

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.