• Dokter saya mau konsultasi,

    Ayah saya 71th,  tidak BAB selama 5 hari. padahal sudah di beri pepaya.  akhirnya setelah mengeluh sakit di pijit2 BAB juga. Semalam BAB lagi tetapi bercampr darah warna agak gelap. tadi pagi jam 7 pagi BAB juga berdarah, hanya warna merah tidak terlalu gelap.

    Apa yang harus saya lakukan? harus diberikan obat apa untuk menurangi darah yg keluar.

    Terima kasih.

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sembelit atau susah buang air besar memang sering kali mengganggu bagi individu yang mengalaminya. Sembelit atau dalam istilah kedokteran disebut juga dengan konstipasi bisa dicetuskan oleh beberapa hal misalnya kebiasaan menahan buang air besar, kurang makan makanan berserat seperti sayur dan buah – buahan, kurang asupan cairan terutama air putih, hingga faktor usia yakni usia tua juga bisa meningkatkan kejadian sembelit akibat peristaltik usus yang sudah mulai menurun. Kesulitan buang air besar sering membuat individu yang mengalaminya berusaha mengejan kuat untuk mengeluarkan tinja yang menumpuk. Hal ini akan membuat masalah baru berupa pelebaran pembuluh darah di sekitar rektum dan anus atau yang biasa disebut dengan ambeien (hemorhoid).

    Hemorrhoid bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah baik dengan nyeri atau pun tanpa disertai rasa nyeri. Jika keluhan ambeien ini terus berlanjut maka bisa menimbulkan keluhan lain seperti timbul benjolan yang keluar dari lubang anus.

    Untuk memastikan penyebab keluhan ayah anda sebenarnya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Silakan anda periksakan ke dokter di daerah anda. Untuk pengobatan hemoroid sendiri bisa diberikan obat untuk mengecilkan pembuluh darah anus seperti obat anti hemorrhoid yang diberikan lewat anus dan juga obat minum seperti ardium.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah yang Sebelumnya Susah BAB

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.