• dok nama saya rudi saya mau tanya akhir² ini sya suka bab berdarah dan warna darahnya merah segar dok tapi saya tidak merasa sakit apa-apa, cuma klo itu suka sembelit. kira² itu bahaya gak ya dok..? trus bagaimana cara mengobatinya.?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

     

    Buang air besar berdarah sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun berdasarkan informasi yang anda sampaikan dimana warna darah adalah merah segar dan diawali oleh keluhan sembelit atau sulit buang air besar (BAB) maka kemungkinan terdekat penyebab keluhan itu adalah karena hemorhoid atau sembelit.

    Hemorhoid adalah pelebaran pembuluh darah pada rektum dan anus. Pencetusnya ada berbagai macam antara lain karena buang air besar yang mengejan terlalu kuat, feses atau tinja yang keras, kehamilan, dan masih banyak lagi.

    Pada hemorhoid, keluhan buang air besar berdarah bisa disertai nyeri atau pun tanpa nyeri. Kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB dan juga faktor sembelit yang berkepanjangan akan menyebabkan keluhan bertambah. Keluhan tambahan lainnya antara lain adalah berupa benjolan yang keluar dari dalam anus, yang awalnya keluar masuk dengan sendirinya hingga harus dimasukkan dengan bantuan jari. Pada tahap akhir, benjolan bahkan tidak bisa masuk kembali meskipun dengan bantuan.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini antara lain dengan pemberian obat – obatan anti hemorhoid yang berfungsi untuk mengempiskan kembali pembuluh darah yang melebar. Selain itu anda sebaiknya menjaga asupan makanan anda dengan memperbanyak serat misalnya sayur dan buah – buahan, perbanyak asupan cairan, dan lain sebagainya. Hindari juga kebiasaan mengejan terlalu kuat.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda dan mendapat penanganan yang tepat, silakan anda periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah Merah Segar Tanpa Rasa Sakit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.