• Dear dok.
    Saya pria umur 27 thn…baru 2 hari ini mengalami BAB berdarah..sminggu sblumnya sya smpat diare 2 hari,namun tidak terasa sakit d perut,,,hanya sedikit nyeri d anus s’at BAB..Mohon penjelasan dokter sakit apa yg saya alami dan cara mengobatinya. Terima kasih.

    Selamat sore,

    Buang air besar yang disertai dengan darah atau lebih singkat kita sebut dengan BAB berdarah memang banyak penyebabnya, seperti iritasi pada usus, radang usus, adanya tukak pada usus besar dan rektum, ambeien, hingga keganasan.

    Menyimak dari keluhan yang Anda sampaikan, ada kemungkinan bahwa buang air besar berdarah yang Anda alami disebabkan oleh iritasi pada usus. Karena kondisi ini sering berbarengan dengan diare dan juga rasa pedih atau pedas pada anus setelah buang air besar.

    Coba cermati, adakah makanan tertentu yang Anda makan akhir-akhir ini yang sifatnya mengiritasi seperti makanan pedas, asam, berkafein atau makanan-makanan yang Anda sensitif terhadapnya. Obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan hal ini.

    Saran saya, perbanyaklah minum air putih dan perbaiki pola makan dengan menghindari makanan pedas dan asam serta obat-obatan yang mungkin Anda gunakan akhir-akhir ini. Makanlah makanan kaya serat seperti buah-buahan, contohnya pepaya.

    Namun, apabila darah yang keluar bertambah banyak dan diare tak kunjung berhenti, maka langkah terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter.

    Sekian, semoga membantu, Terimakasih.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah dan Diare

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.