• Tanya dok, saya 2 kali liat BAB saya di sertai darah segar setelah fases keluar, mungkin baru ketahuan 2 kali, tidak ada gejala apapun yg saya rasakan.
    tolong solusinya. terima kasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Buang air besar (BAB) yang keluar disertai dengan darah sering kali dialami oleh beberapa individu. Hal ini tentu sangat tak nyaman dan menimbulkan kecemasan bagi individu yang mengalaminya. Keluhan buang air besar berdarah bisa karena masalah ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab yang terjadi yaitu antara lain:

    1. Karena ambeien atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai hemorrhoid. Gejala klinis yang muncul akibat penyakit ini antara lain BAB berdarah berwarna merah. Jika makin memberat, maka akan disertai keluarnya benjolan dari lubang anus. Hal ini terjadi akibat kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, feses yang terlalu keras, dan masih banyak lagi.
    2. Disentri, merupakan diare berdarah akibat bakteri Shigella disentri. Umumnya disertai gejala lain seperti demam, nyeri perut dan sebagainya.
    3. Gastritis erosif bisa menyebabkan keluhan buang air besar disertai darah yang berwarna hitam.
    4. Penyebab lainnya

    Perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ataupun pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis keluhan yang anda alami. Oleh karena itu silakan periksakan diri anda secara langsung ke dokter. Tatalaksana yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah Segar Setelah Feses Keluar

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.