• Dok, sebelumnya maaf dan terimakasih,

    Tadi saya BAB dan ketika saya mau menyiram  air di WC saya berwarna merah, kemudian saya cek di anus saya ternyata ada darah, tapi saya tidak merasakan sakit maupun gejala apapun, kemudian selang beberapa jam saya ke WC lagi untuk mengecek ternyata keluar darah lagi, lalu itu gejala apa ya dok, terimakasih sekali lagi…

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Buang air besar berdarah merupakan keluhan yang sering terjadi pada beberapa individu. Hal ini tentu menimbulkan kecemasan bagi tiap orang yang mengalaminya. Penyebabnya beraneka ragam sehingga perlu pemeriksaan lebih detail untuk mengidentifikasi penyebabnya. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab BAB berdarah yaitu antara lain:

    1. Ambeien atau disebut juga dengan istilah hemorrhoid, merupakan salah satu penyakit yang bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah. Umumnya darah yang keluar berwarna merah segar. Keluhan BAB berdarah merupakan keluhan awal yang muncul pada penyakit ini, jika penyakit terus berlanjut maka akan keluar benjolan dari anus yang awalnya bisa keluar masuk hingga akhirnya tak bisa masuk kembali meski telah dibantu dengan jari untuk memasukkannya. Penyebabnya juga beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.
    2. Infeksi saluran cerna juga bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah. Biasanya disertai demam.
    3. Buang air besar berdarah juga bisa disebabkan karena adanya gangguan di gaster (lambung) seperti gastritis erosif. Buang air besar disertai darah yang berwarna hitam. Hal ini karena darah telah bercampur dengan asam lambung sehingga warna darah yang merah berubah menjadi hitam akibat reaksi dengan asam lambung.
    4. Dan masih banyak lagi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung kepada anda dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai sehingga bisa ditegakkan diagnosis penyebab keluhan anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah Warna Merah Tidak Sakit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.