• Dok, akhir-akhir ini saya sering BAB berdarah, dalam sehari bisa 3x BAB itu mengeluarkan darah. Tapi terakhir saya BAB semalam, tidak mengeluarkan feses, tetapi hanya mengeluarkan darah saja dok. Mohon bantuan nya ya dok untuk penyakit saya

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Buang air besar berdarah bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari masalah ringan hingga gangguan kesehatan tertentu yanglebih berat. Keluhan ini bisa terjadi pada siapapun baik anak – anak maupun orang dewasa. Masalah ini tentu menimbulkan kekhawatiran bagi yang mengalaminya. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan BAB berdarah yaitu antara lain:

    1. Hemorrhoid atau ambeien memiliki gejala klinis berupa BAB berdarah berwarna merah, bisa disertai dengan keluarnya benjolan pada lubang anus. Beberapa hal yang mencetuskan keluhan ini antara lain adalah kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan, dan masih banyak lagi.
    2. Disentri, merupakan keluhan BAB cair disertai darah dan kadang lendir. Keluhan ini biasanya disertai dengan demam. Infeksi bakteri Shigella disentri menjadi penyebabnya.
    3. Buang air besar berdarah juga bisa disebabkan karena adanya gangguan di gaster (lambung) seperti gastritis erosif. Buang air besar disertai darah yang berwarna hitam. Hal ini karena darah telah bercampur dengan asam lambung sehingga warna darah yang merah berubah menjadi hitam akibat reaksi dengan asam lambung.
    4. Penyebab lain

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung di daerah tempat anda tinggal. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ataupun pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis keluhan anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah Kadang Hanya Darah Saja

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.