• Dok, saya mau tanya belakangan ini saya sering bab berdarah.. awalnya saya mengira panas dalam.

    Tinja yang keluar awalny keras tetapi kadang tidak keras dan darahnya warna merah segar keluar bersama tinja (ditinjanya) setelah itu menetes keluar meski tidak terlalu banyak dan kadang ada benjolan kadang tidak ada benjolan di anus..

    apakah itu berbahaya dok, saya sangat takut.

    mohon jawabannya ya Dok..

    Terima kasih.

    Selamat malam.
    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.
    Buang air besar berdarah merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini tentu menimbulkan kekhawatiran bagi yang mengalaminya. Buang air besar (BAB) berdarah sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, gejala penyerta membantu dokter untuk dapat mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut. Keluhan buang air besar berdarah disertai benjolan yang kadang hilang timbul umumnya terjadi akibat hemorrhoid. Hemorrhoid atau dalam bahasa awam sering kali disebut sebagai ambeien atau wasir merupakan penyakit akibat pembuluh darah rektum dan anus yang mengalami vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah. Keluhan yang muncul selain BAB berdarah berwarna merah, juga terdapat keluhan keluarnya benjolan pada lubang anus. Benjolan awalnya bisa keluar masuk dengan sendirinya, namun lama kelamaan harus dibantu pakai jari untuk memasukkan kembali benjolan tersebut dan pada tahap akhir bisa tidak dapat dimasukkan sama sekali.
    Hemorrhoid bukan penyakit yang berbahaya. Penyakit ini biasanya diawali oleh kebiasaan pasien sendiri yang kurang baik. Beberapa penyebab hemorhoid antara lain kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.
    Pengobatan bisa diberikan obat – obat untuk meredakan peradangan dan meredakan pembuluh darah yang melebar. Namun jika benjolan sering keluar masuk dan tidak bisa masuk kembali dengan spontan maka harus dilakukan tindakan pembedahan. Silakan konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bab Berdarah Karena Panas Dalam?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.