• Dok. saya sedang mengalami BAB berdarah. memang saya awalnya ada gejala2 ambeien, tapi tidak berdarah. kira2 sekitar seminggu yang lalu, waktu pagi hari saya berasa mau buang angin (maaf, kentut maksudnya), lalu saya tahan, dan ada rasa nyeri sekali di lubang dubur saya. dan sejak itu, setiap kali saya BAB, pasti berdarah. dan terus terang, sejak saat itu, saya juga susah untuk buang angin. dan saya harus masuk kamar mandi untuk buang angin, dan pasti ada darah yang keluar.. agak kehitam hitaman.. saya belum ke dokter, tapi saya sudah minum 2 jenis obat untuk memberhentikan pendarahannya. tapi sampai sekarang masih tetap. mungkin ada solusi dok? thanks

    Selamat siang Andry, terimakasih atas pertanyaan anda di mediskus.com

    Kita harus mencari tahu terlebih dahulu Apa penyebab dari buang air besar berdarah yang anda alami. Darah yang keluar bersamaan dengan keluarnya angin atau kentut bisa mengindikasikan bahwa adanya perlukaan pada daerah rektum dan anus, hal juga bisa disebabkan oleh ambeien atau wasir, dan kondisi-kondisi lainnya.

    Menjadi hal yang kurang bijak Ketika anda menggunakan obat untuk menghentikan pendarahan tetapi tidak berusaha mengatasi sumber perdarahannya, karena apabila obat tersebut digunakan dalam jangka waktu yang panjang bisa menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan.

    Jadi langkah awal yang dapat anda tempuh adalah memeriksakan diri ke dokter. Tujuannya agar segera dilakukan pemeriksaan dan diketahui Apa penyebabnya, dengan demikian penanganan yang akan diberikan nanti menjadi lebih tepat. Jangan menunggu hingga penyakit menjadi lebih berat.

    Semoga lekas sembuh yaa.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah dan Susah Buang Angin

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.