• Saya perempuan, usia 19tahun saat ini. Dok, saya sudah hampir 1bulan BAB berdarah juga diiringi rasa perih saat BAB. Saya sebelumnya emang suka makan pedas dok hehe tapi kalo lama duduk saya ngga berasa sakit kaya gejala wasir yang ada. Saya juga sempat ke dokter penyakit dalam 2kali tapi dokter tsb ga ngasih tau saya itu sakit apa. Mohon penjelasannya dok

    Selamat sore.

     

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar yang anda alami kemungkinan besar timbul karena hemorrhoid atau disebut juga sebagai ambeien atau wasir. Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan buang air besar (BAB) berdarah seperti yang anda alami. Darah yang keluar bersama feses atau tinja umumnya berwarna merah. Ambeien tak selalu menimbulkan keluhan tak nyaman saat duduk, meskipun keluhan ini bisa juga terjadi pada beberapa individu. Gejala umum yang biasa muncul akibat ambeien berupa keluar darah berwarna merah yang bisa disertai nyeri atau pun tanpa nyeri, jika penyakit ini berlanjut maka akan disertai keluhan keluarnya benjolan dari lubang anus yang awalnya bisa keluar masuk dengan sendirinya. Lama kelamaan benjolan tidak bisa masuk dengan spontan, namun perlu dibantu dengan jari agar dapat masuk lagi ke dalam anus dan pada tahap akhir benjolan tidak bisa masuk kembali meskipun telah dibantu dengan jari.

    Penyebab ambeien awalnya karena kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi. Ada beberapa cara untuk mengatasi ambeien antara lain dengan pemberian obat – obatan untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar, hingga dilakukan operasi. Untuk memastikan penyebab keluhan dan terapi yang paling tepat bagi keluhan anda, maka silakan periksakan langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah Hampir 1 Bulan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.