• Pagi dok,

    Ibu saya kemarin bab mengeluarkan darah berwarna hitam cair yang menetes. Kenapa ya dok ?

    Trims

    Selamat siang, Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com

    Buang air besar yang berwarna hitam menunjukkan bahwa sumber pendarahan berasal dari saluran cerna bagian atas, seperti daerah kerongkongan atau esofagus, lambung dan usus 12 jari.

    Namun buang air besar berwarna hitam yang berupa cairan saja bisa jadi sumber pendarahannya berasal dari saluran cerna bagian bawah dimana terdapat darah yang begitu banyak.

    Meskipun demikian, ada penyebab-penyebab lain yang membuat BAB berwarna hitam selain pendarahan misalnya mengonsumsi makanan yang berwarna hitam, mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi secara berlebihan, atau akibat penggunaan obat-obatan tertentu misalnya pil norit yang mengandung karbon aktif berwarna hitam.

    Coba perhatikan Apakah terdapat gejala yang lain seperti badan lemas, terlihat pucat, pusing, atau mungkin semakin banyaknya BAB hitam yang terjadi. jika demikian tanpa banyak kompromi lagi segeralah periksakan ibu anda ke dokter.

    Dokter akan melakukan evaluasi untuk mencari penyebab-penyebab buang air besar berwarna hitam yang ibu anda alami, agar secepatnya dapat dilakukan penanganan yang sesuai.

    Cukup sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga membantu. Terima kasih.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah Hitam (cair)

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.