• Sore dok,

    Saya mau tanya, ayah saya berusi 59 th. sudah seminggu BAB berdarah, badan lemas dan muka pucat. dibawa ke klinik, dikasi obat penambah darah, obat mencret dan obat sakit di perut..

    Kira-kira apa penyebab nya ya dok..

     

    Terimakasih,

     

    Wassalam..

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar berdarah bisa disebabkan oleh beberapa penyakit. Sehingga perlu dicari tahu keluhan lain yang menyertai serta kondisi apa yang mengawali keluhan tersebut.  Warna darah pada BAB juga bisa membantu menentukan lokasi gangguan tubuh. Darah yang keluar ada yang berwarna merah segar dan ada yang berwarna merah kehitaman. Hal ini akan membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab BAB berdarah tersebut. Sebagai informasi untuk anda, berikut akan disampaikan beberapa kemungkinan penyebab keluhan BAB berdarah yaitu antara lain:

    1. Hemorrhoid atau ambeien dapat menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah segar. Selain BAB berdarah, ada keluhan lain yang bisa menyertai misalnya keluarnya benjolan pada lubang anus. Pada tahap awal, keluhan yang muncul mungkin hanya berupa buang air besar berdarah saja namun jika penyakit berlanjut dapat muncul keluhan keluar benjolan dari anus yang merupakan pembuluh darah yang melebar. Penyebabnya juga beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.
    2. Gastritis erosif memiliki keluhan buang air besar berdarah dengan warna darah merah kehitaman. Hal ini karena darah telah bercampur dengan asam lambung sehingga warna darah yang merah berubah menjadi hitam akibat reaksi dengan asam lambung.
    3. Dan masih banyak lagi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung di daerah tempat anda tinggal agar bisa dilakukan pemeriksaan secara langsung.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bab Berdarah Muka Pucat

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.