• Pagi dok. Saya mengalami BAB berdarah 2 kali darah yang keluar merah segar dan menetes setelah keluarnya feses,   . Darah yang keluar tidak terlalu banyak dan saya tidak mengalami sakit pada anus maupun lemas . Bagaimana penanganan utama atas penyakit ini ya dok ? Terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab keluhan buang air besar (BAB) berdarah ada beberapa hal sehingga sebenarnya perlu informasi lebih mendalam mengenai keluhan ini yang bisa diperoleh dengan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter ataupun juga bisa disertai dengan pemeriksaan penunjang guna membantu menegakkan diagnosis keluhan yang anda alami. Ada beberapa penyebab keluhan BAB berdarah, namun yang paling sering adalah akibat hemorrhoid atau ambeien yang bisa diakibatkan karena kebiasaan mengejan yang terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi. Keluhan yang muncul bisa berupa BAB berdarah baik disertai nyeri ataupun tanpa rasa nyeri. BAB berdarah adalah tahap awal gejala hemorrhoid, jika keluhan ini berlanjut maka akan muncul benjolan dari dalam anus. Benjolan bisa keluar masuk dari anus dengan sendirinya hingga tidak bisa masuk kembali.

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung di daerah tempat anda tinggal. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda. Jika memang karena ambeien atau hemorrhoid dapat diberikan obat untuk meredakan pelebaran pembuluh darah yang terjadi pada anus baik dengan obat minum ataupun obat yang dimasukkan ke dalam anus.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah pada Dewasa Muda

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.