• Dok, saya perempuan berusia 16tahun. Ketika saya bab ada darahnya juga tp setelah faesesnya keluar dan darah tdk brcampur dg faeses tdk terasa sakit juga dok tapi setelah selesai bab mengapa di daerah anus rasa nya agak sakit dan tdk nyaman? Apa penyebabnya dok? Dan bagaimana solusinya?
    Maaf dok agak panjang, dan terimakasih banyak dok.?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab tersering dari keluhan buang air besar berdarah adalah karena ambeien atau hemorrhoid. Begitu pun dengan kasus yang anda alami, kemungkinan besar terjadi karena hal yang sama. Ambeien atau juga biasa disebut dengan wasir terjadi karena pelebaran pembuluh darah di sekitar rektum dan anus yang terjadi karena beberapa hal, misalnya akibat kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, feses yang keras dan besar serta susah keluar, faktor usia tua, kehamilan dan masih banyak faktor resiko lainnya.

    Hemorrhoid bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah (umumnya merah segar) yang bisa disertai nyeri atau tanpa nyeri. Pada tahap awal biasanya keluhan hanya ini saja. Namun semakin berlanjut, akan muncul keluhan lainnya berupa keluarnya benjolan pada lubang anus yang awalnya bisa keluar masuk dengan spontan. Namun lama kelamaan benjolan perlu dimasukkan dengan jari supaya bisa masuk lagi, dan pada tahap akhir benjolan tak bisa masuk meskipun dengan bantuan.

    Rasa tidak nyaman yang anda alami merupakan hal yang wajar. Karena seperti yang saya sebutkan di atas hal ini bisa menjadi gejala dari hemorrhoid akibat peradangan pada pembuluh darah anus anda.

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunyanya dengan konsumsi obat pengilang nyeri dan anti inflamasi serta menggunakan obat anti hemorrhoid. Silakan konsultasi langsung dengan dokter agar mendapat pemeriksaan secara lebih detail dan mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bab Berdarah Tidak Sakit, Tapi Tak Nyaman di Daerah Anus

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.