• Dok… Anak saya usianya mau jln 4 buln.,anak saya minum susu formula,,,kemarin anak saya minum susu formula sgm lalu batuk sempat d rawat akhirnya saya ganti sama susu formula bebelove batuknya hilang tapi pub nya berwarna hijau tapi tidak sering dalam sehari dua kali atw 1 ┬ákali pub, apa penyebab nya dan bagaimana solusi nya?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Feses yang dikeluarkan biasanya berwarna kecoklatan. Feses dapat mengalami perubahan warna menjadi hijau, merah dan lain sebagainya karena beberapa hal. Pada kasus yang anak anda alami dimana terdapat keluhan perubahan warna feses menjadi kehijauan sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:

    1. Akibat konsumsi makanan tertentu yang mengandung zat warna hijau dalam jumlah banyak oleh ibu yang sedang menyusui.
    2. Perubahan susu formula juga kadang bisa menyebabkan hal ini. Susu formula dengan kandungan zat besi di dalamnya dapat menyebabkan feses bayi menjadi hijau.
    3. Bayi mengonsumsi susu yang rendah lemak
    4. Infeksi saluran pencernaan menjadi penyebab yang paling sering. Namun jika karena infeksi maka keluhan yang dirasakan bukan hanya feses yang berwarna kehijauan namun juga keluhan lainnya seperti demam, BAB berulang dan lain sebagainya. Penyebab infeksi bisa karena bakteri, virus atau mikro organisme lainnya.
    5. Bayi yang diberikan makanan lain selain ASI juga bisa menyebabkan keluhan ini. Perubahan konsistensi makanan yang drastis akan menyebabkan beberapa keluhan.
    6. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya bawa anak anda agar bisa diperiksa secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis penyakit yang dialami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berwarna Hijau pada Bayi Susu Formula

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.