• Dok saya berusia 16th. 3 hari terakhir saya BAB namun ada sedikit darah merah segar yg keluar. Tapi tidak ada rasa sakit atau gejala2 lainya. Saya juga tidak merasa pusing dan lemas berlebihan. Apakah itu berbahaya dok?

    Terima kasih :)

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Ada beberapa pertanyaan mengenai keluhan buang air besar berdarah yang masuk ke dalam forum ini. Memang keluhan BAB berdarah sering menimbulkan kekhawatiran bagi tiap individu yang mengalaminya. Sebenarnya informasi yang anda sampaikan masih kurang detail sehingga agak sulit untuk mencari penyebab pastinya. Namun penyebab keluhan buang air besar berdarah yang paling sering adalah akibat ambeien (hemoroid). Hemoroid terjadi karena adanya pelebaran pada pembuluh darah rektum dan anus. Biasanya hal ini berkaitan dengan kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, karena BAB keras atau sembelit, pada wanita hamil dan lain sebagainya. Keluhan yang muncul awalnya berupa keluar darah dari anus saat buang air besar. Kadang disertai rasa nyeri namun sering juga tidak. Pada tahap lanjut bisa disertai keluar benjolan dari dalam anus yang merupakan pembuluh darah yang melebar tadi. Jika memang anda memiliki kebiasaan mengejan terlalu kuat ataupun sering sembelit maka bisa jadi hemoroid atau ambeien atau wasir ini menjadi penyebabnya.

    Selain itu, penyebab tersering BAB berdarah adalah akibat infeksi pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri shigella disentri ataupun mikroorganisme lainnya misal amoeba. Keluhan yang muncul berupa buang air besar yang sering 3 kali atau lebih dalam sehari disertai feses bercampur darah dan kadang juga lendir. Biasanya ada keluhan nyeri perut dan demam yang menyertainya.

    Untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Keluar Darah Merah Segar

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.