• Slmat mlm dok. Saya mau bertanya.. Tentang bab saya dok.. Terkadang susah keras dan berdarah kemungkinan ada luka ya dok?.. Sampai saya jadi takut setiap mau bab dok.. Yang saya takutkan babnya berdarah lagi dok..yang saya mau tanya dok. Apa saya harus menahan bab dulu dok.. Agar luka yang ada dianus mengering..? Trimksih dok..

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar disertai darah kerap kali dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini tentu menimbulkan kekhawatiran bagi yang mengalaminya. Buang air besar (BAB) berdarah sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal , namun pada kasus yang anda alami kemungkinan besar karena hemorrhoid atau ambeien atau wasir. Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah. Hemorrhoid tak selalu disertai keluarnya benjolan pada lubang anus. Pada tahap awal, keluhan yang muncul mungkin hanya berupa buang air besar berdarah saja. Penyebabnya juga beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.

    Penyakit hemorhoid yang anda alami kemungkinan besar terjadi karena tinja anda yang keras akibat terlalu seringnya menahan BAB, kurangnya asupan cairan, kurang makanan mengandung serat dan lain sebagainya. Untuk itu sebaiknya hindari kebiasaan – kebiasaan kurang baik ini sehingga BAB tidak sulit lagi. Perbaiki asupan makanan anda, perbanyak konsumsi cairan terutama air putih agar feses bisa lunak, perbanyak olahraga dan hindari kebiasaan menahan BAB. Jika memang tinja keras, maka untuk sementara bisa dibantu konsumsi obat pelunak feses. Silakan konsultasi langsung dengan dokter.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Mengobati Ambeien / Wasir / Hemoroid

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kenapa BAB Keras dan Berdarah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.