• Selamat malam dok saya mau menanyakan sudah 2 minggu sy BAB slallu kluar darah dok sy masih brumur 22 thn dok . Bagaimana itu dok   ?? Mohon informasinya dok

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Informasi yang anda sampaikan sebenarnya masih kurang jelas karena penyebab buang air besar berdarah sendiri bisa disebabkan oleh beberapa keadaan. Warna darah yang keluar, gejala penyerta dan lain sebagainya membantu untuk mengidentifikasi penyebab keluhan anda. Salah satu penyebab tersering BAB berdarah adalah karena hemorrhoid atau biasa disebut ambeien. Ambeien  atau wasir bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah. Jika ambeien semakin berat maka akan disertai keluarnya benjolan pada lubang anus yang awalnya bisa keluar masuk sendiri lalu lama kelamaan harus dibantu dimasukkan dengan menggunakan jari tangan serta pada tahap akhir benjolan tak mau masuk kembali. Penyebab ambeien beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.

    Selain akibat ambeien, penyebab tersering lainnya adalah karena adanya gangguan di gaster (lambung) seperti gastritis erosif. Buang air besar disertai darah yang berwarna hitam. Hal ini karena darah telah bercampur dengan asam lambung sehingga warna darah yang merah berubah menjadi hitam akibat reaksi dengan asam lambung. Selain itu masih banyak sekali penyebab keluhan ini. Oleh karena itu, untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung di daerah tempat anda tinggal. Karena dalam forum ini saya tak bisa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung kepada anda serta tak bisa melakukan pemeriksaan penunjang sehingga hanya bisa membantu menjelaskan beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Selalu Keluar Darah, Bagaimana Solusinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.