• Selamat malam dok, saya mau bertanya. Sudah beberapa hari ini saya susah buang besar dan kalau buang air buang besar disertai dengan darah dan fasesnya keras. Karena beberapa waktu yg lalu saya paksa dan mengedan untuk bisa BAB. Jujur saya takut dan khawatir. Kira kira ini gejala yg berbahaya tidak dok? Karena saya tidak mengalami rasa sakit atau nyeri

    Terima kasih

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar yang susah atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai konstipasi menjadi keluhan yang cukup sering dialami oleh beberapa individu. Kesulitan dalam buang air besar ini seringkali membuat individu yang mengalaminya menjadi memaksakan untuk BAB dengan mengedan terlalu kuat. Kebiasaan ini malah akan membuat menimbulkan keluhan baru seperti keluar darah saat BAB hingga keluarnya benjolan dari anus.

    Keluhan BAB berdarah ini terjadi karena ambeien atau hemorrhoid. Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah yang bisa disertai nyeri atau tanpa nyeri. Keluhan lain yang muncul adalah berupa keluarnya benjolan pada lubang anus. Pada tahap awal, keluhan yang muncul mungkin hanya berupa buang air besar berdarah saja. Namun seiring memburuknya penyakit maka akan keluar benjolan yang awalnya bisa masuk dengan sendiri dan lama kelamaan benjolan tak bisa masuk kembali meskipun tanpa bantuan.

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung di daerah tempat anda tinggal. Jika memang benar karena hemorrhoid maka yang paling penting adalah menjaga asupan makanan, menghindari kebiasaan mengedan terlalu kuat serta dapat memberikan obat – obatan untuk meredakan pelebaran pembuluh darah anus akibat hemorrhoid.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bab Susah Disertai Berdarah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.