• Dok mau tanya, akhir2 ini saya ketika BAB pup saya berwarna kehitaman pada sebagian feses tetapi saya tidak merasakan sakit , disebabkan apa dok ya ? Mungkin gimana solusinya , makanan apa yang harus saya konsumsi . Trimakasih

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Buang air besar berdarah bisa disebabkan oleh banyak hal. Warna darah yang keluar bersama feses bisa membantu mengidentifikasi sumber perdarahan. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan tersebut yaitu antara lain:

    Wasir atau ambeien merupakan penyebab tersering keluhan BAB berdarah. Darah yang keluar bersama feses berwarna merah segar. Keluhan ini bisa disertai nyeri ataupun tanpa nyeri. Kadang juga bisa disertai keluarnya benjolan pada lubang anus jika keluhan wasir memberat. Penyebab keluhan ini beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.
    Buang air besar berdarah juga bisa disebabkan karena adanya gangguan di gaster (lambung) seperti gastritis erosif ataupun ulkus (tukak lambung). Buang air besar disertai darah yang berwarna hitam. Hal ini karena darah telah bercampur dengan asam lambung sehingga warna darah yang merah berubah menjadi hitam akibat reaksi dengan asam lambung.
    Varises esofagus. Pelebaran pembuluh darah di esofagus (kerongkongan) yang pecah bisa menyebabkan keluhan BAB berdarah. Penyakit ini bisa terjadi pada pasien sirosis hepatis (gangguan hati berat)
    Dan masih banyak lagi.
    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Warna Kehitaman Tetapi Tidak Sakit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.