• Selamat siang Dok …..sebelumnya saya minta ma’af saya mau tanya kenapa badan saya ini kalau keringatan atau cuacanya dingin kok gatal gatal dan bentol bentol dikulit,klu sehabis mandi ya pasti timbul gatal dan bentol juga,itu kira kira sakit apa ya dok dan obatnya apa yang cocok ya dok… thank’s

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal dan bentol – bentol pada tubuh bisa disebabkan banyak hal. Salah satu penyebab tersering adalah urtikaria. Urtikaria bisa disebabkan banyak hal, antara lain urtikaria dingin (cold urticaria) yang disebabkan oleh udara/ cuaca dingin. Selain itu penyebab lainnya berupa udara panas, keringat berlebih, obat – obatan, gigitan serangga, dan masih banyak lagi.

    Urtikaria dingin biasanya bersifat sementara namun bisa muncul lagi saat kontak dengan paparan peyebab. Gejala yang muncul berupa kemerahan pada kulit, bentol – bentol, gatal, kadang juga bisa disertai bengkak pada tubuh. Gejala urtikaria dingin muncul segera setelah kulit kontak dengan udara dingin ataupun air yang dingin. Beberapa faktor resiko yang menyebabkan urtikaria dingin antara lain usia muda, keturunan, infeksi dan lain sebagainya .

    Untuk mengatasi urtikaria sebenarnya yang terpenting adalah menghindari paparan. Jika amda sering muncul bentol dan gatal saat dingin baik saat udara dingin atau mandi dengan air dingin maka usahakan menjaga suhu ruangan agar tetap hangat atau bisa menggunakan jaket. Selain itu hindari mandi dengan air dingin. Selain itu jika bentol juga muncul saat berkeringat maka hindari pakaian yang tak menyerap keringat, suhu yang terlalu panas, usahakan sering mengganti pakaian yang berkeringat dan lain sebagainya. Untuk obat bisa diberikan obat anti histamin misal CTM,cetirizin dsb untuk mengurangi gejala. Silakan berkonsultasi dengan dokter secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Badan Gatal Gatal Saat Berkeringat

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.