• Assalamu’alaikum, saya mau tanya, adik saya umur 14 bulan, sebelumnya dia diajak ayah saya naik kendaraan bermotor terlalu lama, dengan cuaca yg mendung, setelah pulang badannya terasa hangat, dan saat malam hari panas badannya meningkat, sudah hampir 12 jam panas badannya belum turun dan disertai muntah-muntah, dan dia hanya mengkonsumsi ASI saja, apakah itu cuma masuk angin atau ada gejala penyakit lainnya? Bagaimana cara mengatasinya Dok ? Atas perhatiannya terima kasih.

    Waalaikum salam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan dengan termometer agar hasilnya akurat. Penyebab demam sangat banyak sekali. Tipe demam biasanya dapat menentukan kemungkinan penyebab demam itu sendiri, selain itu gejala penyerta juga turut membantu menentukan penyebab demam.

    Demam yang berlangsung selama 1 hingga 3 hari sebenarnya belum dapat membuat kita bisa menentukan anak mengalami penyakit apa. Karena demam yang berlangsung kurang dari 3 hari beserta gejala yang menyertainya seringkali hanya gejala umum yang banyak terjadi pada beberapa macam penyakit. Ada beberapa kemungkinan penyebab demam antara lain:

    • Akibat faktor kelelahan fisik yang dialami anak.
    • Dehidrasi atau kurang cairan
    • Akibat infeksi virus. Bisa menyerang saluran napas, saluran cerna dan lainnya. Umumnya demam berlangsung tinggi mendadak.
    • Akibat infeksi bakteri. Juga bisa menyerang seluruh anggota tubuh. Demam memiliki tipe berbeda – beda tergantung jenis penyakitnya. Demam bisa berlangsung hanya pada sore hingga malam hari lalu menurun pada pagi hari dan lain sebagainya.
    • Akibat infeksi parasit. Tipe demam juga berbeda tergantung parasit penyebab.
    • Dan lain sebagainya

    Pada kasus anak anda berhubung demam baru berlangsung selama 1 hari maka ada baiknya anda memberikan terapi awal di rumah. Anak bisa diberi obat penurun panas misal dengan paracetamol yang bisa diberikan tiap 4 jam jika panas tidak turun. Dosis yang diberikan untuk tiap kali minum adalah 10 – 15 mg/ kg BB. Selain itu beri asupan cairan yang banyak ke anak agar anak tidak kekurangan cairan dan bertambah panas. Bantu kompres dengan menggunakan air biasa (air hangat) pada dahi, ketiak, lipat paha anak. Jika keluhan demam berlangsung 3 hari atau lebih atau bertambah berat silakan periksakan secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Badan Panas dan Sering Muntah-muntah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.