• Ass Wr Wb, salam sejahtera untuk kita semua,

    Dokter, saya ini perempuan, ibu dari 3 orang putri, saya berumur 55 tahun, tinggi badan 158cm, berat 68 kg masih aktif berkerja di sebuah Perusahaan Swasta di bidang HR Development.

    Menstruasi terakhir pada Februari 2015 setelah mengalamai fase pra menopause.  Sejak mentruasi terakhir sampai sekarang saya tidak lagi mendapat haid dan saya yakin saya sudah masuk tahap menopause total.

    Sejak pertengahan tahun 2015, saya mulai merasa sakit di beberapa bagian di tubuh, pinggang, lutut, tengkuk, bahu, jika posisi ruku saat sholat terasa sakit di pinggang, saat berdiri setelah sujud pun sakit dan susah (tidak sigap/spontan), saya harus atur posisi kadang dibantu dengan tangan agar tidak beban di kaki.  Akhir-akhir ini saya merasa masalah dengan sendi semakin parah, duduk dilantai posisi bersila atau nekuk tidak bisa lama, atau kalau mau ganti posisi terasa sakit sehingga harus perlahan.

    Pertanyaan saya :

    1. Apakah saya mengidap Ostheoporosis ? atau apakah saya mengalami pengapuran? atau apakah ada penyebab penyakit lainnya?

    2. Sebaiknya saya konsultasi kemana dan dengan dokter spesialis apa?

    Demikian permasalahan dan pertanyaan dari saya, dengan harapan mendapat tanggapan dan saran dari dokter.  Terima kasih.

    Salam,

    IS

     

     

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri – nyeri pada tubuh memang sering terjadi pada beberapa individu, terutama jika sudah memasuki usia lanjut. Ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri pada sendi seperti yang ibu alami, antara lain karena:

    1. Penyakit ini merupakan penyakit degeneratif yang berkaitan dengan usia lanjut yang menyebabkan inflamasi atau peradangan pada sendi, mulai dari pinggang, sendi lutut, dan lain sebagainya. Keluhan nyeri kadang disertai pembengkakan pada area tersebut. Selain faktor usia, obesitas atau kegemukan juga menjadi salah satu faktor yang memperberat keluhan nyeri pada penyakit ini.
    2. Osteoporosis atau pengeroposan tulang juga sering menjadi penyebab keluhan nyeri pada tulang. Perlu pemeriksaan penunjang berupa rontgen, pengukuran kadar kalsium dan lain sebagainya untuk memastikan apakah benar seseorang mengalami osteoporosis ataupun tidak.
    3. Rhematoid artritis juga bisa menjadi salah satu penyebab keluhan nyeri seperti yang anda alami. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun yang mengenai bukan hanya orang tua namun juga dewasa muda.
    4. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan keluhan anda secara langsung ke dokter. Dokter spesialis penyakit dalam bisa menjadi salah satu dokter rujukan untuk mengkonsultasikan keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Badan Sakit pada Saat Bangun Tidur

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.