• Dok,saya kemarin berhubungan tapi lupa memakai kondom,saya tidak mau punya anak lagi,lalu saya pakai kb suntik,apakah itu bisa mencegah kehamilan?

    Lalu apakah maksudnya kb darurat,apakah nama obat buat kb darurat ? Saya baca kb darurat bisa mencegah kehamilan karena lupa memakai kondom,diminum 72 jam setelah berhubungan,sekian dan terima kasih

     

     

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    KB darurat merupakan kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan yang digunakan segera setelah seorang wanita melakukan hubungan seksual yang tak aman (tanpa pelindung atau menggunakan alat kontrasepsi apapun). KB darurat biasanyanya menggunakan metode KB pil yang sering disebut sebagai “morning after pil” atau kontrasepsi pasca senggama.

    Metode kontrasepsi yang biasa digunakan dalam KB darurat antara lain berupa:

    1. KB pil yang harus diminum dalam jangka waktu kurang dari 72 jam setelah melakukan hubungan seks yang tidak aman. Pil pertama harus diminum segera pasca senggama dan diikuti dengan pil kedua yang diminum 12 hingga 24 jam kemudian. Pil yang biasa digunakan adalah pil kombinasi estrogen dan progesteron. Morning after pills ini sangat bermanfaat jika diminum dalam jangka waktu kurang dari 48 jam pasca senggama dan akan menurun tingkat keberhasilannya setelahnya. Pil menjadi tidak bermanfaat jika diminum setelah 72 jam. Dosis yang diberikan berupa satu dosis 100 µg ethinylestradiol + 500 µg levonorgestrel (2-4 pil KB) dan 12 jam kemudian diberikan dosis kedua.
    2. IUD darurat juga bisa digunakan. IUD harus dipasang dalam jangka waktu kurang dari 5 hari setelah hubungan seks yang tidak aman. IUD ini dapat bertahan 5 sampai 10 tahun.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Mencegah Kehamilan Setelah Lupa Memakai Kondom

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.