• Salam …

    Dok, saya pernah menderita penyakit herpes . obat yang bagus buat penderita herpes apa dok, dan pantangan nya apa dok?

    Terima kasih Dok

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebagai informasi untuk anda, penyakit herpes dibagi menjadi dua yaitu herpes zoster dan juga herpes simpleks. Kedua penyakit ini berbeda. Herpes zoster disebabkan oleh virus varicella herpes zoster sedangkan herpes simpleks disebebkan oleh virus herpes simpleks. Kedua penyakit ini juga berbeda dari gejala klinisnya.

    Herpes zoster ditandai oleh demam, lalu keluar bercak – bercak merah yang bergerombol seperti susunan anggur. Bercak ini berisi cairan dan berukuran lebih kecil daripada bercak berisi air pada varicella. Bercak ini biasanya terasa nyeri dan panas, biasanya hanya muncul di satu sisi tubuh saja. Herpes zoster berkembang dari varicella. Seseorang yang sudah pernah varicella atau cacar, jika terinfeksi virus yang sama maka akan muncul keluhan herpes.

    Herpes simpleks sendiri termasuk penyakit infeksi menular seksual. Herpes simpleks dibagi menjadi dua yaitu herpes simpleks labialis dan genitalis. Untuk memastikan penyebab keluhan anda, ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah karena herpes zoster atau simpleks. Terapi yang diberikan untuk herpes bisa diberikan obat anitvirus misalnya acyclovir. Namun tidak semua perlu diberikan obat antivirus ini. Pengobatan simptomatik untuk mengurangi keluhan pasien merupakan pengobatan utama yang diberikan.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Menyembuhkan Penyakit Herpes?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.