• Selamat siang dok. Nama saya sonya, usia saya sekarang 23 tahun. Sekitar 7 bulan yang lalu saya melakukan USG ginjal karna saya sering sakit pinggang. Hasil USG menunjukkan ada kista berukuran sekitar 7 cm di ginjal kiri saya. Dokter bedah menganjurkan saya untuk operasi tapi saya belum yakin dan memutuskan untuk menunda operasi. Bulan lalu saya konsultasi dengan dokter spesialis urologi lalu di buatkan rujukan untuk CT-Urologi hasilnya menunjukkan ginjal kiri saya memuliki 2 saluran ureter di superior dan inferior ginjal. Saluran ureter yang berada di superior ginjal kiri tersumbat sehingga terjadi pembengkakkan di superior ginjal kiri. Dokter menyarankan saya untuk operasi tetapi saya belum tahu prosedur operasinya seperti apa? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pembengkakan pada ginjal bisa disebabkan oleh banyak hal, misal akibat sumbatan akibat batu, infeksi hingga karena tumor atau kista. Secara umum, definisi kista merupakan suatu rongga yang berisi cairan. Kista bisa terjadi pada beberapa organ tubuh, termasuk ginjal. Kista pada ginjal biasanya bersifat jinak, namun tak menutup kemungkinan juga termasuk keganasan dan berkembang menjadi kanker. Kista bisa muncul hanya satu atau bisa juga berupa polikistik ginjal (multipel atau lebih dari satu).

    Jika kista pada ginjal tidak menunjukkan gejala apapun dan tak menganggu fungsi ginjal maka biasanya kista tidak memerlukan penanganan khusus. Bahkan beberapa kasus bisa menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun jika berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan penunjang menunjukkan adanya pembengkakan pada ginjal akibat kista serta muncul muncul gejala klinis yang diakibatkan kista ginjal, maka sebaiknya segera dilakukan tindakan pengobatan salah satunya dengan tindakan operatif. Ada beberapa teknik operatif yang bisa dilakukan, salah satunya dengan operasi pengangkatan kista dimana cairan yang ada di dalam rongga kista akan dikeringkan dan kemudian dinding ginjal yang terdapat kista akan dipotong atau pun dibakar.

    Silakan anda berkonsultasi dengan dokter yang menangani anda untuk mengetahui tindakan pasti apakah yang akan beliau lakukan karena tentu dokter yang memeriksa lebih paham dengan kondisi kesehatan anda. Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Penanganan Pembengkakkan Ginjal?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.