• Dok, saya mau tanya. selama bulan puasa kemarin saya batuk, karna setiap berbuka puasa selalu minum yang dingin-dingin. saya punya riwayat sinusitis. sudah 2 kali dokter THT menyarankan saya untuk operasi, namun saya tolak. sejak batuk pertama biasanya akan dilanjutkan dengan bersin2, lalu pilek. saat saya mengeluarkan ingus dari hidung saya warnanya seperti ada bercak darahnya, begitupun saat saya membersihkan kotoran hidung saya, juga mendapati kotoran seperti darah yang mengering. karna penasaran, akhirnya saya senteri bagian dalam hidung saya, ternyata bagian dalam hidung kanan saya seperti luka, berdarah tapi tidah seperti mimisan yang mengalir begitu, dan juga terdapat beberapa bercak nanah pada bagian dindingnya. apakah itu menunjukan bahwa sinusitis saya memburuk?
    selain itu juga, lubang hidung sebelah kanan saya lebih kecil dibandingkan sebelah kiri dan membuat saya juga sedikit sulit bernapas lewat hidung sebelah kanan. apa yang harus saya lakukan, Dok? terimakasih sebelumnya :)

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Ingus yang bercampur darah bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya saja akibat iritasi pada mukosa hidung akibat pilek yang berlangsung lama dan berulang, pecahnya pembuluh darah kapiler yang berukuran kecil pada rongga hidung akibat kebiasaan menggosok dan menekan hidung atau pun karena terlalu kuatnya menghembuskan napas saat mengeluarkan ingus, infeksi juga bisa menjadi penyebab hidung mengeluarkan darah yang bercampur ingus misalnya saja pada penderita sinusitis dan lainnya.

    Untuk memastikan sinusitis memburuk atau tidak sebenarnya perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu baik dengan pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang. Selain itu, pasien juga merasakan keluhan yang makin berat misalnya rasa nyeri yang makin hebat ataupun makin sering terjadi pada daerah dahi atau pipi atau bagian sinus lainnya. Pasien juga bisa merasakan pilek yang makin memburuk, kesulitan bernapas dan juga gejala lainnya.

    Lubang hidung yang menyempit bisa terjadi karena beberapa hal misalnya karena tulang hidung yang tak simetris, adanya massa yang tumbuh di rongga hidung misalnya polip, infeksi yang berlangsung kronik sehingga membuat penebalan pada mukosa hidung dan masih banyak lagi.

    Silakan anda konsultasi dengan dokter secara langsung terutama dokter spesialis THT untuk mengetahui penyebab pasti keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagian Dalam Hidung Berdarah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.