• halo dokter, saya laras usia 21 tahun wanita,

    saya ingin bertanya , saya sehat” saja tidak ada batuk pilek atau demam, tetapi sudah 3 hari berturut” saat saya tidur malam hari tiba” saya terbatuk” batuknya bayuk kering berlangsung /jam , saya tidak merokok tetapi saya sensitif dengan asap rokok, dilingkungan saya tidak ada yang merokok.  kira” solusinya apa ya dok saya terganggu dengan kondisi ini, saya punya magh parah apa ini berhubungan dengan GERD atau paru” saya bermasalah dok karena saya nafasnya pendek dan pernah ronsen salah satu paru” saya membesar ( tidak sama ukuran) terimakasih dokter

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk di malam hari seperti yang anda alami bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya saja karena:

    Alergi. Misalnya alergi terhadap udara malam yang dingin, atau bisa juga karena pendingin udara yang anda hidupkan seperti AC dan juga kipas angin. Apalagi jika alat pendingin udara ini kotor dan berdebu maka debu yang terhirup saat anda tidur bisa menyebabkan refleks batuk yang terus menerus.
    Asma bronkhial juga bisa menjadi penyebab keluhan batuk pada malam hari. Namun juga disertai keluhan khas asma berupa sesak napas, bunyi mengi saat menarik dan atau mengeluarkan napas.
    Gangguan lambung misalnya karena gasstroesofageal refluks disease (GERD) juga bisa menjadi salah satu penyebab keluhan batuk yang tiba – tiba saat malam. Namun biasanya disertai keluhan seperti dada yang terasa panas atau terbakar karena asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan, sendawa terus menerus dan lain sebagainya.
    Penyebab lainnya
    Untuk memastikan penyebab keluhan anda sebaiknya memang dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter. Butuh dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail guna menegakkan diagnosis penyebab keluhan anda. Cukup sulit memastikan penyebabnya dalam forum ini, apalagi informasi yang anda sampaikan sangat sedikit sekali.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk-batuk di Malam Hari

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.