• Selamat sore, Dok. Saya ingin bertanya tentang batuk yang saya alami. Batuk berdahak kental berwarna kehijauan, disertai rasa sakit di daerah dada tengah setiap kali batuk terjadi. Serta hidung yang terasa tersumbat oleh lendir, yang berwarna kehijauan pula. Apakah batuk yang saya derita ini memiliki hubungan dengan semacam infeksi saluran pernafasan? Atau ada hal lain yang menyebabkan saya batuk seperti ini, dok? Untuk siklus batuk sendiri, sebelum sekarang saya pernah mengalami hal serupa beberapa waktu lalu. Hampir 5 bulan yang lalu. Apakah merokok juga merupakan penyebab batuk ini terjadi? Mohon dibantu dok, terima kasih banyak.

    Selamat pagi, Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com.

    Memang ada beberapa kondisi yang menyebabkan batuk sekaligus pilek, Misalnya saja infeksi, alergi, dan iritasi terhadap asap, debu, termasuk asap rokok.

    menyimak dari keluhan-keluhan yang anda sampaikan, yakni batuk berdahak warna hijau dan ingus juga berwarna kehijaun. biasanya kondisi seperti ini memang disebabkan oleh adanya infeksi saluran pernafasan. infeksi bisa disebabkan oleh bakteri ataupun virus.

    Pada tahap awal penyakit batuk pilek, paling sering disebabkan oleh infeksi virus. dan biasanya akan sembuh dalam waktu 1 minggu. namun ketika pada saat itu infeksi tidak segera sembuh, misalnya saat kondisi kesehatan lagi lemah, maka bisa saja terjadi infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri.

    Infeksi bakteri ditandai dengan ingus kehijauan, demam tinggi (lagi), sakit daerah wajah sekitar hidung, sesak nafas, dan nyeri dada.

    Infeksi oleh virus tidak memerlukan terapi antibiotik, sedangkan infeksi bakteri harus diobati dengan antibiotik yang bisa didapatkan atas rekomendasi dokter (resep).

    Sayangnya anda tidak menyebutkan sudah berapa lama gejala-gejala di atas  anda alami, karena ini juga bisa menjadi patokan berat ringannya penyakit Anda dan membantu menentukan tindakan selanjutnya yang lebih baik.

    Kami menganjurkan agar anda segera berkunjung ke dokter untuk memeriksakan kondisi anda, siapa tahu itu merupakan infeksi bakteri yang memerlukan terapi antibiotik segera.

    Baca juga: Batuk Dahak Hijau Tak Kunjung Sembuh

    Sekian jawaban dari kami semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk Berdahak Kehijauan Disertai Sakit Dada

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.