• Assalamualaikum…

    selamat sore dok,saya mau tanya,beberapa waktu lalu saya batuk berdarah setelah itu waktu saya mau keluarin ingus ternyata yang keluar juga darah,tapi setelah itu pernafasan saya jadi plong dan tidak sesak sampai saat ini belum ada keluhan apa pun,namun kadang sesekali waktu buang dahak,dahaknya bercampur darah semu,kira” penyakit apa yang saya alami saat ini dok

    terima kasih

    Waalaikumsalam Sayuti,

    Batuk berdarah atau keluarnya darah bersamaan dengan dahak atau ingus bisa terjadi akibat pecahnya pembulug darah pada saluran pernafasan, baik atas maupun bawah.

    Pecah pembuluh darah dapat berasal dari peradangan, lecet, atau akibat pembuluh darah yang rapuh.

    • Proses peradangan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, seperti pada penyakit TBC, bronkhitis, bronkiektasis, dan sebagainya.
    • Lecet atau iritasi bisa disebabkan oleh udara kotor karena debu, asap rokok, dan sebagainya serta akibat dari gesekan karena batuk yang lama.
    • Rapuhnya pembuluh darah bisa disebabkan oleh kanker atau keganasan yang biasanya disertai dengan gejala badan kurus, lemah, dan terkadang demam.

    Karena ada banyak penyebabnya, maka segeralah periksakan batuk darah yang Anda alami tersebut kepada dokter agar dapat diselidiki secara langsung. Terlebih jika terjadi berulang.

    Namun apabila kondisi Anda saat ini sehat-sehat saja tanpa ada keluhan lainnya, maka tenang saja dan semoga Anda selalu sehat.

    Cukup sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Batuk Berdarah Melalui Mulut dan Hidung

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.