• Ass…

    Dok saya punya keluhan dengan batuk saya yang mengeluarkan darah pada malam hari, darah yang keluar cukup banyak sampai juga keluar lewat hidung saat batuk. Dan pada pagi darah yang keluar seperti mengumpal kecil, saya todak punya keluhan sesak napas, tapi setiap malam saya batuk terus kadang tidak ada darah, kadang ada darah, kira-kira penyakit apa yang saya alami?

    Terimakasih

    Waalaikum salam ww wb. Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk berdarah atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai hemoptoe bisa terjadi karena beberapa hal mulai dari masalah ringan hingga akibat penyakit tertentu yang lebih berat. Batuk berdarah bisa terjadi karena pecahnya pembuluh darah kapiler di tenggorokan yang terjadi karena terlalu kuatnya refleks batuk yang terjadi. Selain itu bisa karena lecetnya tenggorokan akibat batuk yang terus menerus berulang. Namun jika karena hal ini biasanya darah yang keluar tidak terlalu banyak. Selain itu ada beberapa penyebab batuk darah lainnya misalnya karena:

    1.       Bronkhitis atau infeksi pada bronkus paru – paru yang berlangsung lama bisa menyebabkan keluhan batuk berdarah hingga keluhan sesak napas.

    2.       TBC merupakan penyakit infeksi pada parenkim paru yang menyebabkan keluhan batuk berminggu – minggu, disertai keluhan demam yang tak terlalu tinggi, penurunan berat badan hingga keluhan sesak napas. Jika TBC berlangsung lama tanpa pengobatan yang tepat dan adekuat maka kuman akan berkembang dengan lebih hebatnya dan juga menimbulkan keluhan yang lebih berat hingga pasien mengalami batuk berdarah.

    3.       Kanker paru juga menjadi salah satu penyebab keluhan batuk berdarah. Keluhan lain yang muncul tergantung lokasi terjadinya, berat ringannya penyakit dan masih banyak lagi.

    4.       Penyebab lainnya

    Silakan anda membawa pasien untuk mengunjungi dokter di kota anda agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung guna menegakkan diagnosis dari keluhan yang pasien alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk Berdarah pada Malam Hari

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.