• Dok, saya dewi 24 th, saya batuk sudah 6 bulan lebih..mungkin judul lebih tepatnya “harus mengeluarkan dahak”..jadi, setiap pagi biasanya jam 8an, saya batuk dan mengeluarkan dahak, tapi ketika dahak itu sudah keluar (misalkan batuk selama 3 menit), sepanjang hari saya tidak batuk lagi..perkiraan saya, itu batuk hanya untuk memancing agar dahak bisa keluar..dan hari berikutnya pun sama, jam 8an batuk, setelah batuk selesai, masalah selesai, dan seperti itu setiap harinya..

    Saya sudah periksa di dokter spesialis penyakit dalam, disuruh rontgen hasilnya baik, jadi dokternya mengatakan baik2 saja..dan diberi obat “cefat”, (kalo obat yg lain saya kurang paham), selama minum cefat perubahannya hanya sedikit dan tetap batuk.,saat obat itu habis, masih saja batuk seperti biasa..

     

     

    Fyi, dahak berwarna kuning kehijauan atau hijau kekuningan (?), dan kental, sepertinya agak lengket..

    Jadi, sebenarnya saya ada penyakit apa dok? Sebenarnya saya harus periksa kemana? Apakah ke spesialis THT? Perlukah saya tes lab dahak? Terima kasih dok.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk sebenarnya merupakan reaksi normal tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran napas. Namun bisa juga disebabkan penyakit tertentu yang mendasarinya. Batuk bisa disertai dahak ataupun batuk kering tanpa dahak. Dahak bisa berwarna putih atau mengalami perubahan warna menjadi kuning kehijauan bahkan ada yang bercampur darah. Batuk berdahak yang berwarna kuning kehijauan biasanya terjadi karena adanya infeksi yang mendasarinya, biasanya karena infeksi bakteri. Jika batuk sudah berlangsung lebih dari 1 bulan maka anda bisa melakukan pemeriksaan dahak sebanyak 3 kali atau disebut juga pemeriksaan BTA untuk memastikan ada tidaknya keterlibatan bakteri Micobacterium tuberculosis. Pemeriksaan ini bisa dilakukan di rumah sakit atau pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di daerah anda.

    Namun ada baiknya anda juga memperhatikan ada tidaknya keluhan lain seperti berat badan menurun, demam yang naik turun dan lainnya dalam beberapa bulan terakhir serta gejala lain yang mungkin anda alami. Hal ini bisa membantu dokter untuk mengidentifikasi penyebab keluhan anda. Selain itu perhatikan adakah hal – hal yang mencetuskan keluhan batuk yang anda alami misal karena alergi debu, faktor lingkungan kerja dan lain sebagainya. Anda bisa memeriksakan diri anda ke dokter spesialis paru untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah berasal dari paru – paru atau bukan. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk Dahak Tak Kunjung Reda

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.