• Selamat sore dok. Salam sejahtera, adik perempuan saya kelas 1 SMA sudah satu bulan batuk dan sejak 3 hari yg lalu sampai hari ini ketika dia batuk terkadang mengeluarkan darah. Saya suruh dia periksa ke dikter tpi katanya dokternya cuman suruh minum obat dan datang berobat jk udh habis obatnya, tanpa ada keterangan jenis penyakitnya. Hal tersebut membuat sy gelisah krn kami beda tempat. Mohon penjelasannya dok, terimakasih…Tuhan berkati

    Selamat malam, terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter gratis di mediskus.com

    Batuk berdarah memang banyak penyebabnya, mulai dari masalah yang ringan hingga masalah yang berat.

    Menyimak dari ciri-ciri yang Anda sampaikan memang belum dapat dipastikan apa penyebabnya, namun kami menduga hal ini terjadi karena alasan berikut ini:

    Batuk dengan dahak berdarah disebabkan oleh batuk yang lama, batuk yang terus menerus menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada saluran pernafasan akibat guncangan dan iritasi yang terjadi sehingga ini penyebabkan pendarahan dan darah akan dikeluarkan bersamaan dengan ahak saat batuk. Jika hanya pembuluh darah kecil yang pecah, maka darah yang keluar hanya sedikit dan kalau seperti ini tidak perlu khawatir.

    Namun ketika darah yang keluar begitu banyak, misalnya ada satu sendok setiap kali batuk, maka kondisi seperti ini harus diwaspadai dan perlu perawatan di rumah sakit.

    Batuk yang lama dengan dahak berdarah bisa juga disebabkan oleh penyakit infeksi kronis, seperti pada TBC Paru, namun hal ini perlu pemeriksaan lebih lanjut seperti rongsen dada, periksa dahak, dan lain-lain.

    Pada kasus di atas, mungkin dokter belum bisa memastikan penyebabnya, memang pada kondisi yang sulit hal ini wajar terjadi, namun dokter sudah memberikan terapi dan akan melakukan evaluasi setelahnya, nah pada saat kunjungan berikutnya dokter akan lebih terarah dalam mengakkan diagnosis dan terapi jikalau penyakit yang pasien alami belum kunjung sembuh. Termasuk melakukan pemeriksaan penunjang yang saya sebutkan di atas.

    Jadi, saran saya ikutilah petunjuk dokter, kecuali ada hal lain yang berbahaya, misalnya sesak nafas, darah yang keluar banyak, dan sebagainya, maka pada kondisi ini harus segera kembali ke dokter meskipun belum jatuh pada waktu yang telah dijadwalkan.

    Semoga lekas sembuh ya.. sekian jawaban dari kami, semoga bisa membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk dan Mengeluarkan Darah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.