• Dok, isteri saya mempunyai keluhan yang komplek, asam lambung,sinusitis,bronchitis dan asma. Bagaimana cara berobatnya, apakah penyakit itu saling berkaitan atau tidak? Jazakumullah atas solusinya

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keempat penyakit yang anda sampaikan tersebut sebenarnya tidak ada kaitannya secara langsung. Namun antara gangguan lambung dan juga gangguan di saluran napas seperti bronkhitis dan asma memiliki keluhan yang hampir mirip. Kadang pasien merasa sesak (nyesak) pada bagian ulu hati dan dada yang ternyata setelah dilakukan pemeriksaan fisik bahwa penyebab keluhan tersebut bukan karena sesak napas akibat gangguan di paru – paru, namun karena peningkatan asam lambung yang menyebabkan rasa nyesak di ulu hati yang dirasakan pasien seperti rasa sesak napas. Peningkatan asam lambung ke arah kerongkongan juga sering menyebabkan keluhan nyeri pada bagian dada. Penyakit ini disebut juga sebagai gastroesofageal reflux disease (GERD).

    Jika istri anda mengalami gangguan di sistem pernapasan harus dipastikan apakah memang karena asma ataukah karena bronkhitis atau juga karena penyebab lainnya. Antara bronkhitis dan asma memiliki gejala yang mirip terutama adalah keluhan sesak napas. Namun kedua penyakit ini berbeda penyebabnya. Asma merupakan penyakit keturunan dimana keluarga dan pasien memiliki riwayat atopik (misal alergi pada kulit, rinitis alergi dan lain sebagainya). Sedangkan bronkhitis biasanya diawali oleh karena infeksi.

    Sinusitis sendiri merupakan inflamasi atau peradangan pada rongga sinus yang seringnya terjadi karena infeksi oleh mikroorganisme tertentu, yang tersering adalah akibat infeksi bakteri. Keluhan yang muncul bisa berupa demam, rasa nyeri pada wajah (misal sekitar alis, bagian dahi, bawah mata, belakang mata, pipi) tergantung letak sinus yang bermasalah, adanya ingus yang menumpuk dan lain sebagainya.

    Pengobatan berbeda untuk masing – masing penyakit. Saya tak bisa menjelaskan secara gamblang disini. Yang paling penting adalah benar – benar memastikan penyebab pasti keluhan istri anda. Ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang memeriksa istri anda karena tentu dokter tersebut yang paling tahu terapi apa yang paling tepat sesuai hasil pemeriksaan saat itu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk dan Nyeri di Sekitar Dada

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.