• Ibu saya didiagnosis dokter kena jantung bengkak, keluhannya nafas ngos ngosan sama batuk, edema di kaki. Sama dokter di kasih obat diuretik furosemide. Bengkaknya sudah hilang tinggal batuknya, kalau batuk sampai mual dan muntah, bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab batuk ada banyak hal mulai dari adanya infeksi di saluran napas, adanya penumpukan cairan pada paru atau edema paru, akibat efek samping obat – obatan tertentu seperti obat penurun tekanan darah captopril, dan juga penyebab lainnya. Oleh karena itu perlu dipastikan terlebih dahulu apa yang mendasari keluhan ibu anda. Jika karena infeksi misal karena infeksi bakteri maka selain pemberian obat batuk juga perlu diberikan antibiotik untuk mengatasi kuman penyebab. Jika karena adanya penumpukan cairan di paru maka harus diatasi penyebabnya. Jika karena efek obat – obatan tertentu maka yang paling utama adalah menghindari pemberian obat tersebut misalnya dengan mengganti dengan obat jenis lainnya.

     

    Begitu pun dengan keluhan mual dan muntah juga bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya karena infeksi, akibat meningkatnya asam lambung karena satu dan lain hal serta penyebab lainnya. Jika karena kenaikan asam lambung maka bisa diberikan obat antasid atau golongan lainnya seperti ranitidin dan omeprazole guna menstabilkan asam lambung yang meningkat. Namun jika karena infeksi maka perlu penambahan obat antibiotik. Pemberian vitamin B6 dapat membantu mengurangi keluhan mual dan muntah. Silakan anda memeriksakan orang tua anda secara langsung ke dokter agar dapat ditentukan penyebab pastinya serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

Beranda Tanya Dokter Batuk Karena Jantung Bengkak

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.