• Selamat Siang Dokter,

    Saya seorang ayah yang mempunyai anak laki-laki berumur 5 tahun, Anak saya jika menangis keluar bintik bintik merah diwajah disekitar matanya, dan pagi ini saya di telpon oleh guru TK nya bahwa anak saya muntah dan di muntahan tersebut ada bercak darahnya, kemudian kondisinya sedang menangis jadi muncul bintik merah juga diwajah disekitar matanya. dan yang ingin saya tanyakan adalah :

    1. Kenapa bintik-bintik merah di wajah disekitar matanya timbul jika anak saya menangis ?

    2. Apa penyebab muntah disertai dahak dan bercak darah ?

    mohon untuk jawaban dan petunjuknya dari dokter.

    Terima kasih.

     

    Eko Cartono

    Tangerang

     

     

     

     

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    1. Bintik – bintik merah yang muncul pada kulit wajah anak anda saat dia menangis bisa disebabkan karena pecahnya pembuluh darah kapiler (kecil). Saat anak menangis kuat maka otomatis terjadi peningkatan tekanan intrakranial (dalam kepala) sehingga membuat pembuluh darah kecil pecah. Namun hal ini tak perlu dikhawatirkan. Yang terpenting adalah menjaga agar anak tetap tenang dan tak menangis berlebihan.
    2. Keluhan yang anak anda alami apakah yakin berupa muntah darah ataukah batuk yang bercampur darah. Penyebab keduanya sangat banyak sekali, mulai dari sebab ringan hingga berat. Penyebab batuk darah bisa karena pecahnya pembuluh darah kecil di kerongkongan ataupun tenggorokan saat anak batuk dengan tekanan yang terlalu kuat, iritasi di kerongkongan, infeksi saluran napas dan lain sebagainya juga bisa menyebabkan keluhan ini. Penyebab muntah darah juga ada beberapa mulai dari infeksi, iritasi di saluran cerna, ataupun penyebab lain yang lebih serius. Perlu informasi lebih detail seperti bentuk, warna darah, konsistensi cairan yang keluar dan lain sebagainya.

    Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk memastikan penyebab keluhan yang anak anda alami. Dokter perlu melakukukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anak anda alami serta memberi terapi yang sesuai dan yang dibutuhkan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk Muntah Mengeluarkan Darah pada Anak

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.