• Dok saya mau bertanya.

    Umur saya 21th dengan amandel aktif yang sering membengkak. Sekarang kondisi amandel saya sedang membengkak sehingga saya kesulitan berbicara. Tapi setelah beberapa hari saya jadi batuk berdahak dan dada saya sakit, seperti dingin rasanya dada saya. Setiap kali batuk terasa sangat sakit. Selama 2 minggu saya jadi pilek. Banyak lendir yang keluar dari hidung saya bahkan tidak berhenti sampai saya kesulitan bernafas karna terhalang lendir ini. Saya sudah minum obat amandel dan saya juga sudah minum antibiotik, obat batuk, obat flu. Sekarang sudah 3 minggu saya masih seperti ini. Apakah dari amandel saya jadi infeksi paru paru. Lalu cara apa untuk mengatasinya. Terima kasih dok.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Amandel atau tonsil merupakan salah satu organ yang berperan sebagai mekanisme pertahanan tubuh. Ketika tubuh terserang infeksi maka jaringan ini akan membesar dan mengalami peradangan sehingga menimbulkan rasa nyeri dan kesulitan menelan bagi penderitanya. Infeksi pada amandel dalam dunia kedokteran disebut juga sebagai tonsilitis. Penyebab tonsilitis bisa karena infeksi bakteri, virus ataupun mikroorganisme penyebab lainnya.

    Jika tonsilitis disebabkan karena infeksi bakteri, maka gejala yang muncul berupa demam, nyeri menelan, timbul bintik-bintik nanah di sekitar amandel, pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar tenggorokan. Jika tonsilitis disebabkan virus, gejala yang muncul biasanya lebih ringan dari infeksi bakteri. Untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah akibat infeksi pada amandel atau karena sebab lain maka harus dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung.

    Daya tahan tubuh mempengaruhi cepat lambatnya infeksi bisa teratasi. Semakin baik daya tahan tubuh pasien maka semakin singkat juga masa infeksi mikroorganisme tersebut di dalam tubuh pasien. Jika infeksi amandel tidak teratasi, maka memang mikroorganisme penyebab bisa menjalar ke saluran napas lainnya termasuk paru – paru. Namun memang perlu pemeriksaan lebih detail termasuk pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Pengobatan tergantung penyebab keluhan. Silakan kunjungi dokter terdekat di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu. Beri Balasan
     

     

Beranda Tanya Dokter Batuk, Pilek, Amandel Tak Kunjung Sembuh

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.