• Malam dok. Sudah seminggu ini saya batuk dan pilek. Sudah beli obat apapun pileknya hilang tetapi batuknya tambah parah malah dada sakit apalagi kalau di tekan. Saya batuk karena tertular adik atau karena penyakit lain? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk dan pilek merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi dan dialami beberapa individu. Apalagi di negara tropis seperti Indonesia, tak heran jika keluhan ini kerap terjadi. Penyebab keluhan batuk dan pilek umumnya terjadi karena ada gangguan di saluran napas baik saluran napas atas atau saluran napas bawah. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan batuk lama seperti yang anda alami yaitu:

    • Reaksi alergi sering menyebabkan keluhan batuk lama dan berulang.
    • Infeksi pada paru akibat bakteri Micobacterium tuberculosis juga sering menyebabkan batuk lama. Penyakit ini biasa disebut tuberkulosis paru (TBC). Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu, batuk biasanya disertai dahak. Pada beberapa kasus bahkan dahak bercampur darah. Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.
    • Pneumonia juga merupakan infeksi pada paru akibat bakteri pneumonia. Gejalanya bisa berupa batuk berdahak, sesak napas, demam tinggi dan lain sebagainya
    • Infeksi saluran napas atas misalnya pada faring, laring juga bisa meyebabkan batuk.
    • Penyebab lain
      Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Batuk Berdahak : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk Seminggu Belum Sembuh

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.