• Cucu saya laki2 usia 4 bulan memiliki gerakan fisik yang besar sekali dan waktu dia berusaha tengkurap akan selalu berkeringat dibelakang kepala dan harus sering2 di lap pake handuk kecil , secara umum semua baik2 saja , apakah ada masalah dengan seringnya bagian kepala berkeringat dok.?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Banyak orang tua yang sering mengalami kecemasan ketika bayi nya mengalami keringat yang banyak atau cenderung berlebih. Banyak yang beranggapan keringat berlebih pada bayi adalah karena penyakit atau masalah kesehatan tertentu. Padahal ini tidak sepenuhnya tepat. Produksi keringat pada tiap orang berbeda – beda, termasuk juga pada bayi. Hal ini dipengaruhi oleh banyak tidak nya kelenjar keringat yang dimiliki, jumlah produksinya, aktivitas fisik yang dilakukan bayi, lingkungan dan masih banyak lagi. Misalnya bayi yang gemuk lebih cenderung mudah berkeringat dibanding yang lebih kecil. Selain itu kebiasaan bayi diletakkan di ruangan berAC juga memiliki pengaruh pada kebiasaan bayi terhadap suhu udara di sekitarnya. Bayi yang biasa di tempat dingin sering mudah berkeringat ketika suhu udara agak lebih tinggi dari suhu biasanya. Kondisi ruangan yang kurang nyaman ataupun udara yang terlampau panas sangat mempengaruhi.

    Bayi belum terlalu mampu untuk mengatur suhu tubuh. Kemampuan pengaturan suhu tubuh pada bayi tak secepat pertumbuhannya sehingga anda tidak perlu cemas hanya karena keringat yang berlebihan pada cucu anda. Selama tidak ada keluhan yang menyertainya seperti demam, rewel, tak mau menyusu ataupun gerakan bayi menjadi tak aktif maka tak perlu ada kecemasan berlebihan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bayi Sering Berkeringat, Normal atau Bahaya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.