• dok saya ad kendala mslh bekas luka yang tak kunjung hilang. awalnya bekas luka akibat gigitan nyamuk dan ad beberapa bekas dari knalpot. skrg bekasnya blm ilang gimana ya cara nyembuhinnya dgn cara alami? ada solusinya dok?

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Luka pada kulit seringkali menimbulkan masalah baru setelah luka tersebut sembuh. Bekas luka bisa berupa warna kehitaman, skar berlubang (skar hipotropik) atau malah skar yang menimbul (skar hipotropik). Pada kasus anda kendala sebenarnya masih kurang jelas bekas luka yang muncul jenis yang mana. Namun jika bisa saya simpulkan mungkin bekas lupa berupa warna kehitaman (menggelap pada kulit).

    Jika bekas luka hanya berupa perubahan warna kehitaman, maka ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan, misalnya:

    • Minyak vitamin E dan lidah buaya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka yang bisa digunakan. Oles dan gosokkan minyak vitamin E dan lidah buaya pada daerah bekas luka beberapa kali sehari.
    • Cocoa butter atau lemak kakao. Oleskan beberapa kali dalam sehari cocoa butter pada bekas luka.
    • Bahan lain yang bisa digunakan antara lain air perasan lemon, madu, campuran pasta pepaya dan madu, air kelapa, ataupun makanan lain yang banyak mengandung vitamin K seperti brokoli, kol, hati, tomat, bayam, dsb.
    • Krim penghilang bekas luka yang dijual bebas dan tersedia di pasaran bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka. Jika penggunaan krim ini juga tidak berhasil, maka sebaiknya konsultasi langsung ke dokter kulit agar mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

     

Beranda Tanya Dokter Bekas Luka yang Tak Kunjung Hilang

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.