• Dok saya alergi obat 2 kali dan bekas ruamnya sudah setahun tidak hilang menyebabkan bekas bewarna coklat, kenapa tak kunjung hilang? Dan sebaiknya memakai apa agar cepat hilang. Terimakasih.

    Selamat siang, terimakasih atas pertanyaannya di mediskus.com

    Reaksi alergi obat pada kulit dapat bervariasi dalam tingkat keparahannya, apabila lesi atau perlukaan hanya dibagian permukaan (ringan), maka bekas luka yang ditimbulkan akan cepat hilang dalam hitungan minggu tanpa perawatan khusus.

    Namun apabila reaksi alergi obat tergolong parah dan menimbulkan perlukaan yang lebih dalam, maka bekas luka akan sulit menghilang terlebih bisa juga menimbulkan jaringan parut yang kasar pada kulit.

    Bekas alergi obat yang berwarna coklat kehitaman masih bisa diupayakan agar kembali ke warna kulit yang normal, beberapa upayanya antara lain:

    • memenuhi kebutuhan gizi, yakni vitamin yang baik untuk kulit; vitamin A, C, E yang umumnya banyak terdapat dalam buah-buahn dan sayuran.
    • mencegah paparan sinar matahari langsung ke kulit.
    • melakukan perawatan kulit ke klinik kecantikan atau dokter kulit agar dilakukan pemeriksaan secara langsung dan diberikan terapi yang sesuai. Dokter akan memberikan terapi berupa krim atau perawatan kulit menggunakan dermabrasi ataupun laser (akan disesuaikan dengan kondisi Anda).

    Cukup sekian jawaban dari kami, semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Bekas Ruam Alergi Obat

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.